Saturday, November 28, 2020

Mimpi Apa yang Ingin Kalian Wujudkan?

pic source - unsplash

Pagi ini bangun disambut rintik gerimis hujan. Setelah tersiksa karena panas yang membakar bumi dengan sangat ganasnya akhirnya dapat bernafas lega kini tak lagi merasakannya. Beberapa saat yang lalu bangun tidur paling enak buru-buru ke dapur, membuka lemari es dan menuang air dingin beserta es batu agar lebih terasa segarnya. Sekarang bangun tidur bisa menyeduh kopi atau teh di pagi hari terasa menyenangkan sekali. Berbicara tentang tidur, semalam mimpi apa kalian? Mimpi apa yang kalian masih ingat sampai saat ini tapi ceritanya lucu, mencengangkan bahkan horor?

Saya teringat mimpi saat masih kecil dulu. Saya bermimpi saya menjadi ratu dan berada di mobil kerajaan yang kebetulan saat itu pakai limosin. Tidak perlu diambil hati yaa mimpinya karena mana ada limosin yang dapat dikemudikan di jalanan Indonesia ini. Nah saat bermimpi tersebut saya berada di jalan yang mana orang-orang pada menyambut kedatangan ratunya.

Tentunya saya juga menyapa dengan anggunnya. Sepertinya mimpi saya ini terjadi sehabis saya menonton film bertema kerajaan inggris. Lucu saja jika mengingat peristiwa puluhan tahun yang lalu itu. Namun berbeda dengan mimpi saat itu. Tiba-tiba terbersit pertanyaan aneh dalam pikiran saya. Mungkin pertanyaan ini bukan saya saja yang mempertanyakannya, mungkin ada juga dari kalian yang memikirkan hal yang sama? Kalau suatu saat saya bermimpi dan menjadi pemimpin saya akan melakukan hal lain selain menyambut masyarakat dengan anggunnya. Apa saja?

Mengurangi jumlah pengangguran
Bagaimana cara mengurangi jumlah pengangguran? Melihat fenomena semakin tingginya angka pengangguran tiap tahun terlebih saat masa pandemi ini membuat saya menjadi tergerak ingin mengurangi jumlah pengangguran. Cara mengurangi pengangguran menurut saya adalah dengan memperbaiki sumber daya manusia dan memperbaiki peraturan yang ada. Memperbaiki sumber daya manusia yang saya maksud adalah menanamkan jiwa entrepreneurship sedini mungkin dengan memberikan skill diluar pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Banyak skill yang dapat diajarkan dibangku sekolah seperti menjahit, berkebun dan lainnya.

Memiliki skill selain menguasai pelajaran dapat membuat sumber daya manusia lebih bagus outputnya. Dunia ini tidak dijalankan dari teori saja bukan? Kemudian perubahan peraturan yang saya maksud adalah perbaikan regulasi dalam rekrutmen. Pemerintah dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dengan lebih memprioritaskan asal daerahnya sehingga persebarannya lebih maksimal. Namun beberapa tahun ini hal tersebut sudah dijalankan oleh perusahaan plat merah yang melakukan rekrutmen khusus putra-putri daerah bagian timur. Hal tersebut bisa jadi sinyal bagus untuk kemajuan Indonesia kedepan.

Mendukung UMKM dan online shop
Membuat peraturan tentang pendanaan UMKM dan online shop terbaik. Sama seperti kompetisi karya ilmiah, semua orang memiliki hak untuk memulai usahanya. Dalam satu tahun akan dipilih 10 UMKM dan 10 online shop melalui proposal dan presentasi proposalnya. Bagi pemenang akan diberikan modal senilai sekian puluh juta dan pada satu periode atau selama satu tahun setiap kelompok harus mengembalikan modal tersebut kepada Pemerintah karena akan digunakan untuk memodali tim lain pada periode selanjutnya.

Pasti bertanya kenapa uangnya harus dikembalikan? Pengembalian uang ini sebagai evaluasi peraturan apakah peraturan tersebut efektif atau tidak. Lalu bagaimana jika tim tidak dapat membayar karena bangkrut? Tenang saja setiap tim akan didampingi mentor yang telah cakap dalam bidangnya sehingga program ini akan meminimalisir adanya kerugian.

Kira-kira apalagi yaa yang akan saya lakukan selanjutnya? Eh ternyata sinar matahari mulai masuk ke dalam rumah dan saya sadar lamunan saya tadi cuma mimpi. Kalian sendiri punya mimpi apa atau apa yang akan lakukan sebagai peran generasi muda?

No comments:

Post a Comment