Thursday, April 30, 2020

Resep: Sate Asin ala Pak Tawi

Kala itu kami masih riweuh dengan segudang aktivitas yang berkaitan dengan thesis. Sudah tidak terbayang lagi pusingnya kami memikirkan thesis. Jenuh itu yang kemudian membawa kami pergi ke Tretes untuk sekadar makan sate Pak Tawi. Berangkat dari Surabaya pukul 21.00 atau pukul 22.00 atau usai kuliah kami berakhir. Eh kok malam banget sih berangkatnya? 

Iya hal tersebut kami lakukan semata-mata untuk memenuhi keinginan otak yang mulai kelelahan dengan beban cukup berat. Kami tiba di Tretes pukul 24.00 dan ternyata Pak Tawi tutup. Entah libur atau tutup lebih awal kami tidak tahu alasannya. Setelah memikirkan alternatif lainnya, akhirnya kami pergi ke sate Raya Tretes yang tidak kalah enak dibanding sate Pak Tawi. 

Sesampainya di sate tersebut kami memesan sate, seperti biasanya aku memesan sate asin 20 tusuk dengan lontong. Beberapa memesan sate asin dan beberapa orang yang lain memesan sate manis. Supaya kalian bisa gampang membayangkan, sate asin ini penampakannya mirip dengan sate taichan kalau sate manis seperti sate pada umumnya yang dimasak menggunakan bumbu kecap.

Usai memakan sate kami memutuskan untuk langsung balik ke Surabaya karena besoknya aku harus kerja dan kami sudah lelah juga beraktivitas seharian. Biasanya setelah makan sate kami mampir menyantap jagung manis bakar, wedang ronde atau angsle yang ada di kawasan tretes. Kami tiba di Surabaya pada pukul 03.00 pagi. 

Hal ini merupakan hal tergila yang pernah saya lakukan karena mengingat aktivitas pekerjaan seharian dan dilanutkan dengan kuliah kemudian keluar kota. Aduh membayangkan saja rasanya capek sendiri but we did it. Flashback peristiwa tersebut mengingatkan pada masa kini, masa pandemi yang menyerang dunia. Kita tidak bisa bebas bepergian, berkomunikasi dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Oleh sebab itu daripada di rumah kebayang menu sate Pak Tawi yuk bikin sendiri satenya di rumah. Check it out!

Bahan
250 gram ayam fillet potong dadu

Bumbu marinasi
6 bawang putih
4 bawang merah
Kaldu jamur (totole)
Garam
Lada
2sdt kemiri bubuk
Jeruk nipis

Bumbu sambal
4 bawang putih
6 bawang merah
20 cabe rawit
Kaldu jamur (totole)
Garam
Lada

Cara Memasak:
Campurkan bahan untuk bumbu marinasi dan haluskan
Marinasi ayam dengan bumbu dan tunggu selama tiga jam sampai bumbunya meresap
Tusuk sate yang telah dimarinasi
Tambahkan mentega untuk menambah cita rasa gurih pada sate
Bakar di teflon atau tempat bakar sate
Selagi menunggu sate matang, campur seluruh bahan sambal dan haluskan
Tempatkan sate dipiring dan sajikan dengan sambal serta lontong sebagai pelengkap

Resep tersebut tidak bisa menggantikan sate Pak Tawi yang sesungguhnya tapi setidaknya dapat mengurangi rasa rindu makan sate asin. Semoga bumi segera membaik!

No comments:

Post a Comment