Wednesday, March 16, 2022

Resep Bubur Sumsum Homemade, Mudah Dibuat

Sebentar lagi bulan Ramadhan, apakah persiapan yang sudah kalian lakukan? Menu apa saja yang wajib ada di meja maka kalian? Sama seperti kalian, kami sekeluarga juga memiliki beberapa hidangan pembuka untuk berbuka puasa. Berhubung saya mengerjakan pekerjaan rumah sendirian tanpa adanya helper maka saya biasa membuat hidangan pembuka yang simple dan efisien tapi tentunya enak untuk dimakan saat berbuka puasa.

Bubur sumsum merupakan makanan yang super efektif dan efisien sebagai pengganjal perut sebelum sholat maghrib. Berbeda dari orang kebanyakan, saya lebih suka memakan bubur sumsum tanpa gula jawa cair atau saus manis. Meskipun hal ini jarang dilakukan oleh orang lain tapi memakan bubur sumsum dengan makanan lain juga enak. Misalnya menambahkan abon pada bubur sumsum atau menjadikan bubur sumsum sebagai pengganti nasi. 

Sewaktu keluarga ada yang sakit gigi alternatif mengganti bubur sumsum sebagai pengganti nasi ini tercipta. Bubur sumsum dapat disatukan dengan kuah atau makanan yang lebut lainnya. Meskipun terdengar seperti makanan fushion tapi percayalah perpaduan bubur sumsum yang gurih enak untuk dipadukan dengan berbagai makanan pendamping lainnya. 

Kalian sendiri makanan apa yang paling efektif dan efisien untuk berbuka puasa? Apakah bubur sumsum juga menjadi menu andalan sekeluarga? Bubur sumsum dapat menjadi alternatif bagi kalian yang ingin menghemat minyak goreng agar tidak berbuka puasa dengan gorengan. Ceritakan juga makanan apa yang biasa kalian makan sebagai menu pembuka saat buka puasa. Satu bulan puasa tentu butuh berbagai macam resep agar tidak bosan.

Bahan

100gr Tepung beras

1sdt Garam

1 Santan instan 65ml

700 ml Air

Kuah

250 ml air

100 gr gula merah

Cara memasak:

1. Masukkan tepung beras ke dalam panci tahan lengket

2. Masukkan santan instan (santan dapat diganti susu atau jumlahnya ditambah sesuai dengan selera)

3. Masukkan air (air akan membuat tekstur bubur menjadi lebih lembut dan tidak menggumpal)

4. Aduk adonan sampai tercampur data

5. Nyalakan api sedang

6. Aduk-aduk adonan bubur perlahan

7. Masukkan garam

8. Masukkan daun pandan

9. Aduk lagi sampai air dan santan menghilang

10. Bubur siap disajikan

11. Membuat kuah sebagai pendamping yaitu dengan menambahkan air ke panci yang telah diberikan gula jawa

12. Nyalakan kompor dengan api sedang

13. Aduk-aduk hingga gula larut dan kuah siap dihidangkan


No comments:

Post a Comment