Saturday, November 30, 2019

4 Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas

Belakangan ini berkendara semakin waswas karena peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Coba ingat-ingat, setiap kali sedang menyimak berita terkini baik di televisi maupun koran online hampir selalu ada berita tentang kecelakaan lalu lintas.

Beberapa orang memilih solusi preventif berupa asuransi kendaraan agar tidak perlu khawatir terhadap kerusakan yang dialami oleh kendaraannya jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Disisi lain, dampak dari sebuah kecelakaan lalu lintas tidak melulu menyebabkan kendaraan rusak, namun juga terjadinya dampak lain berupa luka-luka maupun kesehatan yang diderita oleh pengendara kendaraan tersebut.

Jika ternyata kita memiliki keduanya, baik asuransi kendaraan dan asuransi kesehatan sementara keduanya adalah produk dari perusahaan yang berbeda. Dan mendadak kecelakaan lalu lintas menimpa kita, menyebabkan luka-luka yang harus opname di rumah sakit serta kerusakaan kondisi kendaraan yang cukup parah, bagaimana cara menentukan asuransi yang mana yang harusnya membayar penggantian kerugian akibat kecelakaan yang kita alami?

Ini tentu saja tergantung pada kebijakan dari asuransi yang kita gunakan. Terutama jika produk asuransi dimiliki oleh perusahaan yang berbeda, bisa jadi kebijakannya terkait itu berbeda pula. Namun sebelum berbingung ria, berikut ini hal-hal basic yang dapat kamu lakukan ketika terkena musibah kecelakaan lalu lintas saat sedang berkendara di jalan:

Mendapatkan perawatan sesegera mungkin
Jika kamu mengalami luka, benturan dan kondisi fisik lain akibat kecelakaan, segeralah bertindak untuk mendapatkan perawatan medis. Jangan dulu mengkhawatirkan klaim biaya perawatan medis ke asuransi yang bisa jadi memperlambat proses perawatan kesehatan atau memperumitnya. Pikirkan itu belakangan, ketika kamu sudah mendapatkan perawatan yang layak dan memastikan kondisimu baik-baik saja.

Melapor ke Kepolisian
Jangan remehkan kecelakaan lalu lintas, sekecil apapun dampaknya. Sebisa mungkin kita harus menghubungi pihak kepolisian dan mendapatkan surat laporan kecelakaan lalu lintas yang sedang kita alami. Surat dari polisi akan menjadi data penting untuk melengkapi laporan klaimmu ke pihak asuransi.

Segera hubungi perusahaan asuransi yang kamu gunakan
Biasanya ini adalah prosedur standar perusahaan asuransi, jika kamu memiliki keluhan ataupun mendapatkan situasi tertentu dan ingin mengajukan klaim maka segeralah menghubungi perusahaan tersebut. Beritahukan tentang kecelakaan lalu lintas yang baru saja kamu alami, kondisinya dan tujuanmu untuk melakukan klaim asuransi. Hubungi perusahaan asuransi mobil terlebih dahulu, baru kemudian pihak perusahaan asuransi kesehatan terkait kondisimu saat ini.

Yang terakhir, hubungilah perusahaan asuransi yang digunakan oleh pengendara lain yang mengalami kecelakaan bersamamu. Terutama jika kamu menilai bahwa itu salahnya dan lakukan prosedur yang disarankan perusahaan asuransi tersebut jika kamu hendak mengajukan klaim.

Simpan semua tagihan
Jarang perusahaan asuransi yang akan mau membayar semua kerugian yang kamu dapatkan saat itu juga. Mereka memiliki prosedur kerja sebelum memberikan dana yang kamu klaim. Maka dari itu, penting untuk menyimpan semua tagihan dan bukti pembayaran yang terkait dengan kecelakaan lalu lintas tersebut, baik biaya perbaikan kendaraan maupun biaya perawatan kesehatan. Semua tagihan itu penting agar kamu dapat submit laporan dengan selengkap-lengkapnya sesuai prosedur perusahaan dan mendapatkan ganti uang yang sudah kamu bayarkan terlebih dahulu sebagai bagian dari klaim.

No comments:

Post a Comment