Friday, April 20, 2018

Tidak Mau Terlilit Hutang? Hindari Kebiasaan Buruk Ini

picsource: pixabay.com
Berhutang adalah salah satu hal buruk yang kadang sulit dihindari. Pasalnya, berhutang kini bisa dikategorikan sebagai kebiasaan untuk memenuhi keinginan dan gaya hidup, terutama masyarakat perkotaan. Mengapa begitu?

Karena seiring dengan tingginya gaya hidup hedonisme, tinggi pula keinginan untuk berhutang pada kartu kredit untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Hal ini berlaku untuk mereka yang pendapatannya tidak setinggi gaya hidup yang diinginkan. Jadi, berhutanglah solusinya.

Tentu kebiasaan berhutang ini sangat tidak baik untuk dipelihara. Apalagi jika sudah terlilit hutang begitu besar dan tidak mampu membayarnya. Memangnya apa saja penyebab orang bisa terlibat hutang begitu besar? Artikel berikut ini akan menjabarkan beberapa kebiasaan buruk yang memicu orang untuk berhutang.

Membeli barang bermerk sebagai simbol status
Dengan bombardir iklan dan pengaruh endorser di platform media sosial membuat Anda memiliki keinginan untuk membeli barang bermerk. Padahal jika dilihat lagi, barang bermerk tersebut ternyata buatan lokal dengan kualitas yang sama dengan produk lain di pasaran. Hanya menang merk dan mahalnya saja yang membuat orang merasa prestise-nya naik.

Boros ketika membeli produk terbaru
Ingin selalu terlihat mengikuti tren adalah alasan utama mengapa banyak orang memboroskan uangnya. Padahal produk tersebut tidak sedang Anda butuhkan dan sebenarnya ada produk keluaran lama yang lebih bagus kualitasnya. Jadi, buat apa memboroskan uang untuk membeli produk baru dengan harga yang selangit?

Tidak mengetahui apa kebutuhan hidup
Kebiasaan buruk ini seolah menjadi “pelengkap” dari dua kebiasaan sebelumnya. Orang yang memiliki kebiasaan ini sebenarnya tidak mengetahui secara pasti apa kebutuhan hidupnya. Mereka hanya tahu keinginan untuk memenuhi hidup, bukan kebutuhan yang harus dipenuhi. Alhasil, kondisi keuangan berantakan dan hutang akan menghantui terus jika tidak diubah.

Kebiasaan di atas wajib Anda tinggalkan dan beralihlah pada investasi. Investasi bisa membantu Anda untuk menjaga kondisi finansial agar tujuan masa depan bisa tercapai, jika masih ragu melakukan invetasi dalam skala besar misalnya tanah aaau properti, anda bisa memilih investasi pada usaha kecil. Salah satu investasi yang kini sedang populer adalah MEKAR. Dengan MEKAR, Anda bisa mengembangkan uang sekaligus membantu pengadaan modal bagi pelaku UKM Indonesia. Kunjungi https://mekar.id untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi pada usaha kecil ini.

No comments:

Post a Comment